January 28, 2011

Tentang Aku, Lelakimu

Telah kulempar sauh lalu berlabuh di pantaimu setelah lelah arung samudera luas. Kedatanganku bukan untuk menaklukkan, bukan untuk memiliki dan bukan pula untuk mengambil sesuatu darimu. Aku datang hendak membaktikan jiwa, rasa, akal dan fikiranku; untuk kau gunakan, untuk kau resapi, untuk kau pakai saat hendak membasuh segenap butuh yang kau punya.

Tahukah? bahtera yang mengantar aku ke sini telah dengan sengaja terbakar olehku, terbakar hingga menjadi abu; agar tidak ada lagi jalan untuk kembali, tidak ada lagi alasan untuk lari, tidak ada lagi kata tentang pergi, kerna kaulah kini tempat yang kusebut pulang. Peta perjalananku kuhentikan sampai di sini, ingin selama mungkin berada di sisimu sampai nanti tulang belulangku mengabu dan menyatu dengan udara yang kau hirup.

Aku tahu, sejak hadirku di sekelilingmu telah tumbuh dan bermekaran sesuatu yang begitu asing untuk kau pahami, sesuatu yang tidak kuasa untuk kau tolak, sesuatu yang tidak sanggup untuk kau ingkari, sesuatu yang tertahan di sana; di benakmu, yaitu buncah rasa yang entah bernama apa dan yang entah untuk alasan apa kau menahannya. Maka bila kau izinkan biarkan aku membantumu untuk mencari tahu.

Akulah lelakimu, lelaki yang kau lafadzkan namanya ketika mengeja "kita", yang tengah hidup di dalammu sedang kau hidup di dalamnya, yang telah menjatuhkan pilihan untuk mukim di pantaimu, yang telah membangun telaga kasih di pelataran hatimu, yang mencurahkan cinta tanpa harus mengusai atau merubahmu, yang memuja senyum dan tawa punya kamu namun memberikan cukup ruang untuk isak duka pun tangis milikmu, yang mendekap kokoh jiwamu seraya meresap ke setiap helai rapuhnya, yang menjadi cermin untuk memuji indahmu sembari membantu mengenali kelemahanmu, serta lelaki yang mendekap gelapmu sambil menjaga terangmu agar tetap terang menerangi, hingga riuh perubahan musim dalam hujan dan teriknya tidak lagi menjadi masalah bagimu.

Ya, akulah lelakimu.
Kerna kau Schatzi, ratu di kerajaan gelapku.

@sabdabumi

No comments:

Post a Comment